STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
TINGKAT SMP/MTs
1. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam untuk
Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)
A. Latar
Belakang
Agama memiliki peran yang amat
penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya
mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari
betapa pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia maka internalisasi
nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan,
yang ditempuh melalui pendidikan baik pendidikan di lingkungan keluarga,
sekolah maupun masyarakat.
Pendidikan Agama dimaksudkan
untuk peningkatan potensi spiritual dan membentuk peserta didik agar menjadi
manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak
mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, dan moral sebagai perwujudan
dari pendidikan Agama. Peningkatan potensi spritual mencakup pengenalan,
pemahaman, dan penanaman nilai-nilai keagamaan, serta pengamalan nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan individual ataupun kolektif kemasyarakatan.
Peningkatan potensi spritual tersebut pada akhirnya bertujuan pada optimalisasi
berbagai potensi yang dimiliki manusia yang aktualisasinya mencerminkan harkat
dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan.
Pendidikan Agama Islam diberikan
dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi
untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia,
serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti,
etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun
sosial. Tuntutan visi ini mendorong dikembangkannya standar kompetesi sesuai
dengan jenjang persekolahan yang secara
nasional ditandai dengan ciri-ciri:
- lebih menitik beratkan pencapaian kompetensi secata utuh selain
penguasaaan materi;
- mengakomodasikan keragaman kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang
tersedia;
- memberiklan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan
untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran seauai dengan
kebutuhan dan ketersedian sumber daya pendidikan.
Pendidikan Agama Islam diharapkan
menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa, dan
akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya
dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu
diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang
muncul dalam pergaulan masyarakat baik
dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global.
Pendidik diharapkan dapat
mengembangkan metode pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan
kompetensi dasar. Pencapaian seluruh kompetensi dasar perilaku terpuji dapat
dilakukan tidak beraturan. Peran semua unsur sekolah, orang tua siswa dan
masyarakat sangat penting dalam mendukung keberhasilan pencapaian tujuan
Pendidikan Agama Islam.
B. Tujuan
Pendidikan Agama
Islam di SMP/MTs bertujuan untuk:
1.
menumbuhkembangkan akidah melalui
pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan,
pembiasaan, serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjadi
manusia muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah
SWT;
2.
mewujudkan manuasia Indonesia
yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan, rajin
beribadah, cerdas, produktif, jujur, adil, etis, berdisiplin, bertoleransi
(tasamuh), menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta mengembangkan
budaya agama dalam komunitas sekolah.
C. Ruang
Lingkup
Ruang lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi aspek-aspek
sebagai berikut.
1. Al Qur’an
dan Hadits
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan
Kebudayaan Islam.
Pendidikan Agama Islam menekankan
keseimbangan, keselarasan, dan keserasian antara hubungan manusia dengan Allah SWT,
hubungan manusia dengan sesama manusia, hubungan manusia dengan diri sendiri,
dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.
D. Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
Kelas VII,
Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1. Menerapkan
Hukum bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
1.1 Menjelaskan
hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
1.2 Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
1.3 Menerapkan bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan
benar
|
Aqidah
2. Meningkatkan
keimanan kepada Allah SWT melalui pemahaman sifat-sifatNya
|
2.1 Membaca
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah
2.2 Menyebutkan
arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah SWT
2.3 Menunjukkan
tanda-tanda adanya Allah SWT
2.4 Menampilkan
perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah SWT
|
3. Memahami
Asmaul Husna
|
3.1 Menyebutkan
arti ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna
3.2 Mengamalkan
isi kandungan 10 Asmaul Husna
|
Akhlak
4. Membiasakan
perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan
pengertian tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
4.2 Menampilkan
contoh-contoh perilaku tawadhu, ta’at,
qana’ah dan sabar
4.3 Membiasakan
perilaku tawadhu, ta’at, qana’ah dan sabar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Fiqih
5. Memahami ketentuan –
ketentuan thaharah (bersuci)
|
5.1
Menjelaskan ketentuan
–ketentuan mandi wajib
5.2
Menjelaskan perbedaan hadas
dan najis
|
6. Memahami
tatacara shalat
|
6.1 Menjelaskan
ketentuan –ketentuan shalat wajib
6.2
Memperaktikkan shalat wajib
|
7. Memahami
tatacara shalat jamaah dan munfarid (sendiri)
|
7.1 Menjelaskan
pengertian shalat jama’ah dan munfarid
7.2 Memperaktikkan
shalat jama’ah dan shalat munfarid
|
Tarikh dan kebudayaan Islam
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW
|
8.1 Menjelaskan
sejarah Nabi Muhammad SAW
8.2 Menjelaskan misi nabi Muhammad
untuk semua manusia dan bangsa
|
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
|
9.1 Menjelaskan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.2 Membedakan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati
9.3 Menerapkan
hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
dengan benar.
|
Aqidah
10. Meningkatkan
keimanan kepada Malaikat
|
10.1 Menjelaskan arti
beriman kepada Malaikat
10.2 Menjelaskan
tugas-tugas Malaikat
|
Akhlak
11. Membiasakan
perilaku terpuji
|
11.1 Menjelaskan
arti kerja keras, tekun, ulet dan teliti
11.2 Menampilkan
contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
11.3 Membiasakan
perilaku kerja keras, ulet, tekun dan
teliti
|
Fiqih
12. Memahami tatacara shalat Jum’at
|
12.1 Menjelaskan
ketentuan – ketentuan shalat jum’at
12.2 Mempraktekkan shalat jum’at
|
13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
|
13.1 Menjelaskan
shalat jama’ dan qashar
13.2 Mempraktekkan shalat jama’ dan qashar
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
14. Memahami
sejarah Nabi Muhammad SAW
|
14.1 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak, membangun manusia mulia
dan bermanfaat
14.2 Menjelaskan
misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
14.3 Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi
masyarakat Makkah
|
Kelas VIII, Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
1.
Menerapkan hukum bacaan Qalqalah
dan Ra
|
1.1 Menjelaskan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra
1.2 Menerapkan
hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam
bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Aqidah
2.
Meningkatkan keimanan kepada
Kitab-kitab Allah
|
2.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada Kitab-kitab Allah
2.2 Menyebutkan
nama Kitab-kitab Allah SWT yang di turunkan kepada para Rasul
2.3 Menampilkan
sikap mencintai Al-Qur’an sebagai Kitab Allah
|
Akhlak
3.
Membiasakan perilaku terpuji
|
3.1 Menjelaskan
pengertian zuhud dan tawakkal
3.2 Menampilkan
contoh perilaku zuhud dan tawakkal
3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakkal
dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.
Menghindari perilaku tercela
|
4.1 Menjelaskan
pengertian ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.2 Menyebutkan
contoh - contoh perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah
4.3 Menghindari
perilaku ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Mengenal tatacara shalat sunnat
|
5.1 Menjelaskan
ketentuan shalat sunnat rawatib
5.2 Memperaktikkan
shalat sunnat rawatib
|
6.
Memahami macam-macam sujud
|
6.1 Menjelaskan
pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.2 Menjelaskan
tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
6.3 Memperaktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud
tilawah
|
7. Memahami tatacara
puasa
|
7.1 Menjelaskan
ketentuan puasa wajib
7.2 Memperaktekkan
puasa wajib
7.3 Menjelaskan
ketentuan puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
7.4 Memperaktikkan
puasa sunnah Senin – Kamis, Syawal, dan Arafah
|
8. Memahami zakat
|
8.1 Menjelaskan
pengertian zakat fitrah dan zakat mal
8.2 Membedakan
antara zakat fitrah dan zakat mal
8.3 Menjelaskan
orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal
8.4 Memperaktikkan pelaksanaan zakat
fitrah dan zakat mal
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
9. Memahami Sejarah
Nabi
|
9.1 Menceritakan
sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun
masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
9.2 Meneladani perjuangan Nabi dan
para Sahabat di Madinah
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an
10. Menerapkan
hukum bacaan mad dan waqaf
|
10.1 Menjelaskan
hukum bacaan mad dan waqaf
10.2 Menunjukkan
contoh hukum bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
10.3 Mempraktikkan
bacaan mad dan waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an
|
Aqidah
11. Meningkatkan
keimanan kepada Rasul Allah
|
11.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada Rasul Allah
11.2 Menyebutkan
nama dan sifat-sifat Rasul Allah
11.3 Meneladani
sifat-sifat Rasulullah SAW
|
Akhlak
12. Membiasakan
perilaku terpuji
|
12.1 Menjelaskan
adab makan dan minum
12.2 Menampilkan
contoh adab makan dan minum
12.3 Memperaktekkan
adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
|
13. Menghindari
Perilaku tercela
|
13.1 Menjelaskan
pengertian perilaku dendam dan munafik
13.2 Menjelaskan
ciri-ciri pendendam dan munafik
13.3 Menghindari
perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari
|
14. Memahami
hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
|
14.1 Menjelaskan
jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan
14.2 Menghindari
makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
15. Memahami
sejarah dakwah Islam
|
15.1 Menceritakan
sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah
15.2 Menyebutkan
tokoh ilmuwan muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.
|
Kelas , IX Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al-Hadits
1.
Memahami Ajaran Al Qur’an surat
At-Tin
|
1.1 Membaca QS At-Tin
dengan tartil
1.2 Menyebutkan
arti QS At-Tin
1.3 Menjelaskan
makna QS At-Tin
|
2.
Memahami Ajaran Al – Hadits tentang menuntut ilmu
|
2.1 Membaca
hadits tentang menuntut ilmu
2.2 Menyebutkan arti Hadits tentang menuntut
ilmu
2.3 Menjelaskan
makna menuntut ilmu seperti dalam Al-Hadits
|
Aqidah
3.
Meningkatkan keimanan kepada
Hari Akhir
|
3.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada Hari Akhir
3.2 Menyebutkan
ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan hari Akhir
3.3 Menceritakan
proses kejadian kiamat sughro dan kubro seperti terkandung dalam Al-Qur’an
dan Al-Hadits
|
Akhlak
4.
Membiasakan perilaku terpuji
|
4.1 Menjelaskan
pengertian qana’ah dan tasamuh
4.2 Menampilkan
contoh perilaku qana’ah dan tasamuh
4.3 Membiasakan
perilaku qana’ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.
|
Fiqih
5.
Memahami hukum Islam tentang
penyembelihan hewan
|
5.1 Menjelaskan
tatacara penyembelihan hewan
5.2 Menjelaskan
ketentuan aqiqah dan qurban
5.3 Memperagakan
cara penyembelihan hewan aqiqah dan hewan qurban
|
6.
Memahami hukum Islam tentang
Haji dan Umrah
|
6.1 Menyebutkan
pengertian dan ketentuan haji dan umrah
6.2 Memperagakan
pelaksanaan ibadah haji dan umrah
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
7.
Memahami sejarah perkembangan
Islam di Nusantara
|
7.1 Menceritakan
sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan
pengajaran
7.2 Menceritakan
sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi
|
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Al-Qur’an dan Al Hadits
8. Memahami Al-Qur’an surat Al-Insyirah
|
8.1 Menampilkan
bacaan QS Al-Insyirah dengan tartil dan benar
8.2 Menyebutkan
arti QS Al-Insyirah
8.3 Mempraktikkan
perilaku dalam bekerja selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS
Al-Insyirah
|
9. Memahami Ajaran Al – Hadits tentang kebersihan
|
9.1 Membaca
hadits tentang kebersihan
9.2 Menyebutkan
arti hadits tentang kebersihan
9.3 Menampilkan
perilaku bersih seperti dalam hadits
|
Aqidah
10. Meningkatkan keimanan kepada Qadha dan
Qadhar
|
10.1 Menyebutkan
ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadhar
10.2 Menjelaskan
hubungan antara qadha dan qadhar
10.3 Menyebutkan
contoh-contoh qadha dan qadhar dalam kehidupan sehari-hari
10.4 Menyebutkan
ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan qadha dan qadhar.
|
Akhlak
11. Menghindari
perilaku tercela
|
11.1 Menyebutkan
pengertian takabbur
11.2 Menyebutkan
contoh-contoh perilaku takabbur
11.3 Menghindari
perilaku takabbur dalam kehidupan sehari-hari
|
Fiqih
12. Memahami
tatacara berbagai shalat sunnah
|
12.1 Menyebutkan
pengertian dan ketentuan sholat sunnat berjamaah dan munfarid
12.2 Menyebutkan
contoh shalat sunnat berjamaah dan munfarid
12.3 Mempraktikkan
shalat sunnat berjamaah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tarikh dan Kebudayaan Islam
13. Memahami
sejarah tradisi Islam Nusantara
|
13.1 Menceritakan
seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam
13.2 Memberikan
apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.
|
E. Arah Pengembangan
Srtandar
kompetensi dan dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompotensi untuk penilaian. Dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dan
penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.
Standar Kompetensi dan
Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk madrasah dikembangkan lebih
lanjut oleh Departemen Agama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar