RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
.........................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan Hukum bacaan
”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Menerapkan bacaan
bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat
pilihan dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes
)
Materi
Pembelajaran
- Bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan “Al’
Syamsiyah dan Qamariyah.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing
dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam
KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam
·
Mushaf Al-Qur’an
·
Multi Media PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menelaah hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.
§ Menelaah hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Bacalah potongan-potongan ayat
berikut dengan memperhatikan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah!
قُلْ أَعُوْذُ
بِرَبِّ الْفَلَقِ كَلاَّ لَيُنْبَذَنَّ
فِي الْحُطَمَةِ
الَّذِينَ
امَنُوْا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ
كَلاَّ لَوْ
تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ
§ Jelaskanlah hukum bacaan
“Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha. ?
§ Jelaskanlah hukum bacaan
“Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat ?
|
Rubrik/Pedoman
penilaian:
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan
Qamariyah
· Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
100
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
90
|
|
·
Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah
dan Qamariyah serta makhrajnya
|
80
|
|
·
Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
70
|
|
·
Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
60
|
|
·
Melakukan
lebih dari 8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta
makhrajnya
|
50
|
Lembar
Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Soal/Portofolio
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar