RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
.........................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan Hukum bacaan
”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3. Menerapkan bacaan
bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
dalam bacaan surat-surat Al-Qur’an dengan benar.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat mepraktekkan bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat
pilihan dengan benar.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Jujur ( fairnes
)
Materi
Pembelajaran
- Bacaan "Al" Syamsiyah dalam ayat-ayat pilihan
- Bacaan "Al" Qamariyah dalam ayat-ayat pilihan
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Apersepsi
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru menyajikan ayat-ayat pilihan yang banyak mengandung bacaan “Al’
Syamsiyah dan Qamariyah.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membaca ayat-ayat tersebut dalam kelompok masing-masing
dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
Guru bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam
KD ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam
·
Mushaf Al-Qur’an
·
Multi Media PAI
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§ Menelaah hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha.
§ Menelaah hukum bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat.
|
Tes unjuk kerja
|
Tes identifikasi
|
§ Bacalah potongan-potongan ayat
berikut dengan memperhatikan bacaan “Al” Syamsiyah dan Qamariyah!
قُلْ أَعُوْذُ
بِرَبِّ الْفَلَقِ كَلاَّ لَيُنْبَذَنَّ
فِي الْحُطَمَةِ
![]()
كَلاَّ لَوْ
تَعْلَمُوْنَ عِلْمَ الْيَقِيْنِ يَوْمَئِذٍ عَنِ النَّعِيْمِ
§ Jelaskanlah hukum bacaan
“Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-Dluha. ?
§ Jelaskanlah hukum bacaan
“Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah dalam QS. al-‘Adliyat ?
|
Rubrik/Pedoman
penilaian:
Aspek yg dinilai
|
Indikator kemampuan
|
Nilai
|
· Kelancaran
· Bacaan Alif Lam Syamsiyah dan
Qamariyah
· Makhraj
|
·
Membaca dengan lancar
·
Tidak melakukan kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
100
|
·
Membaca dengan lancar
·
Melakukan 1-2 kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
90
|
|
·
Melakukan 3-4 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah
dan Qamariyah serta makhrajnya
|
80
|
|
·
Melakukan 5-6 kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
70
|
|
·
Melakukan 7-8 kesalahan bacaan Alif Lam
Syamsiyah dan Qamariyah serta makhrajnya
|
60
|
|
·
Melakukan
lebih dari 8 kesalahan bacaan Alif Lam Syamsiyah dan Qamariyah serta
makhrajnya
|
50
|
Lembar
Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Soal/Portofolio
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar