Ahlan Wasahlan Pengunjung

Senin, 16 Maret 2015

Program Tahunan MGMP PAI Aceh Jaya


PROGRAM TAHUNAN

Sekolah                   : ..........................
Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester     : VII  ( 1 &  2 )
Tahun Pelajaran     : 2014/2015
Target Nilai Prota  : 67
SMT
STANDAR KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
AW
KET
1
1. Menerapkan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
1.1 Menjelaskan hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
·  hukum bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al”
3X40
menit


1.2 Membedakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah.

·        hukum bacaan “Al” Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah
2x40
menit

1.3 Menerapkan bacaan “Al”  Syamsiyah  dan “Al” Qamariyah dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.

·        surat-surat al-Qur’an dengan benar
2 x 40
menit

2. Meningkatkan keimanan kepada Allah Swt. melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
2.1 Membaca ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat- sifat Allah.

ayat-ayat al-Quran
3 x 40
menit

2.2 Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan sifat-sifat Allah Swt.

arti ayat-ayat al-Quran
3 x 40
menit

2.3 Menunjukkan tanda-tanda adanya Allah Swt.

tanda-tanda adanya Allah Swt
3 x 40
menit

2.4 Menampilkan perilaku sebagai cermin keyakinan akan sifat-sifat Allah Swt.

·        sifat-sifat Allah Swt
2 x 40
menit

3. Memahami Asmaul Husna
3.1  Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna.
Menyebutkan arti ayat-ayat al-Quran
3 x 40
menit

3.2  Mengamalkan isi kandungan 10 Asmaul Husna.

Mengamalkan
2 x 40
menit

(Akhlak):
4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1  Menjelaskan pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
pengertian tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.
3 x 40
menit



4.2  Menampilkan contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.

contoh-contoh perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.

3 x 40
menit

4.3  Membiasakan perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.

perilaku tawadlu, taat, qana’ah, dan sabar.

2 x 40
menit

(Fiqih):
5. Memahami ketentuan-ketentuan thaharah  (bersuci).
5.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.

ketentuan-ketentuan wudlu dan tayammum.

3 x 40
menit

5.2 Menjelaskan ketentuan-ketentuan mandi wajib.

ketentuan-ketentuan mandi wajib
3 x 40
menit

5.3 Menjelaskan perbedaan hadas dan najis.

perbedaan hadas dan najis
3 x 40
menit

(Fiqih):
6. Memahami tatacara shalat wajib
6.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat wajib.

ketentuan-ketentuan shalat wajib
3 x 40
menit

6.2 Mempraktikkan shalat wajib.

shalat wajib.

2 x 40
menit

(Fiqih):
7. Memahami tatacara shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
7.1 Menjelaskan pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).

pengertian shalat jama’ah dan munfarid (sendiri).
3 x 40
menit

7.2 Mempraktikkan shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).

shalat jama’ah dan shalat munfarid (sendiri).

2 x 40
menit

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
8. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw
8.1 Menjelaskan sejarah Nabi Muhammad Saw.

sejarah Nabi Muhammad Saw.
3 x 40
menit



8.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.
misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa
3 x 40
menit


Jumlah
56 x 40
menit

2
(Al-Quran):
9. Menerapkan hukum bacaan nun mati/ tanwin  dan mim mati.
9.1 Menjelaskan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati.

·        hukum bacaan
3 x 40
menit

9.2  Membedakan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati.

·        Membedakan hukum bacaan
3 x 40
menit

9.3  Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati dalam bacaan surat-surat al-Qur’an dengan benar.
·        hukum bacaan nun mati/tanwin  dan mim mati
3 x 40
menit

(Aqidah):
 10. Meningkatkan keimanan kepada Malaikat
10.1 Menjelaskan arti beriman kepada Malaikat.

·        arti beriman
3 x 40
menit

10.2 Menjelaskan  tugas-tugas Malaikat.
·        tugas-tugas Malaikat.
3 x 40
menit

(Akhlak):
11. Membiasakan perilaku terpuji
11.1 Menjelaskan arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.

·        arti kerja keras, tekun, ulet, dan teliti
3 x 40
menit

11.2 Menampilkan contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.

·        contoh perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
3 x 40
menit

11.3 Membiasakan perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.

·        perilaku kerja keras, tekun, ulet, dan teliti.
2 x 40
menit

(Fiqih):
12. Memahami tatacara shalat Jum’at
12.1 Menjelaskan ketentuan-ketentuan shalat Jum’at.

·        ketentuan-ketentuan shalat Jum’at
3 x 40
menit

12.2  Mempraktikkan shalat Jum’at.
·        shalat Jum’at.
2 x 40
menit

(Fiqih):
 13. Memahami tatacara shalat jama’ dan qashar
13.1 Menjelaskan shalat jama’ dan qasar.

·        shalat jama’ dan qasar.
3 x 40



13.2 Mempraktikkan shalat jama’ dan qashar.
·        shalat jama’ dan qasar.
2 x 40
menit

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
14. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw
14.1 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk menyempur-nakan akhlak, membangun manusia mulia dan bermanfaat.

·        misi Nabi Muhammad Saw.
3 x 40
menit

14.2 Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahtera-an, dan kemajuan masyarakat.

·        misi Nabi Muhammad Saw.
3 x 40
menit

14.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.

·        perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat
3 x 40
menit


Jumlah
42 x 40
menit



PROGRAM TAHUNAN


Sekolah                   : ................................
Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester     : VIII  ( 1 &  2 )
Tahun Pelajaran     : 2014/2015
Target Nilai Prota    : 68

SMT
STANDAR KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
KET
1
(Al-Quran):
1. Menerapkan hukum bacaan qalqalah  dan ra
Menjelaskan hukum bacaan qalqalah dan ra.

Ø  hukum bacaan qalqalah dan ra.
3 x 40
menit

1.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah dan Ra dalam bacaan surat-surat al-Quran dengan benar.
Ø  hukum bacaan qalqalah dan ra.
2 x 40
menit

(Aqidah):
2. Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah
2.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah.

Ø  beriman kepada kitab-kitab Allah.
2 x 40
menit

2.2 Menyebutkan nama-nama kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada para Rasul.

Ø  kitab-kitab Allah
2 x 40
menit

2.3 Menampilkan sikap mencintai al-Quran sebagai Kitab Allah.

Ø  mencintai al-Quran sebagai Kitab Allah.
3 x 40
menit

(Akhlak):
3. Membiasakan perilaku terpuji
3.1 Menjelaskan pengertian zuhud dan tawakal.

Ø  pengertian zuhud dan tawakal
2 x 40
menit

3.2 Menampilkan contoh perilaku zuhud dan tawakal.

Ø  contoh perilaku zuhud dan tawakal.
2 x 40
menit

3.3 Membiasakan perilaku zuhud dan tawakal dalam kehidupan sehari-hari.
Ø  perilaku zuhud dan tawakal
2 x 40
menit

(Akhlak):
4. Menghindari perilaku tercela
4.1 Menjelaskan pengertian ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.

Ø  ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
3 x 40


4.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.

Ø  ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
2 x 40
menit

4.3 Menghindari perilaku ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah dalam kehidupan sehari-hari.

Ø  ananiah, ghadhab, hasad, ghibah, dan namimah.
2 x 40
menit

(Fiqih):
5. Mengenal tatacara shalat sunnat
5.1 Menjelaskan ketentuan shalat sunnat rawatib.

Ø  shalat sunnat rawatib
3 x 40
menit

5.2 Mempraktikkan shalat sunnat rawatib.

Ø  shalat sunnat rawatib
2 x 40
menit

(Fiqih):
6. Memahami macam-macam sujud
6.1 Menjelaskan pengertian sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah. 

Ø  sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
3 x 40
menit

6.2 Menjelaskan tatacara sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

Ø  sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
2 x 40
menit

6.3 Mempraktikkan sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah.

Ø  sujud syukur, sujud sahwi, dan sujud tilawah
2 x 40
menit

(Fiqih):
7. Memahami tatacara puasa
7.1 Menjelaskan ketentuan puasa wajib.

puasa wajib
3 x 40
menit

7.2 Mempraktikkan puasa wajib.

puasa wajib
2 x 40
menit

7.3 Menjelaskan ketentuan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.

puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah
3 x 40
menit



7.4 Mempraktikkan puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah.
puasa sunnah Senin-Kamis, Syawal, dan Arafah
2 x 40
menit

(Fiqih):
8. Memahami zakat
8.1 Menjelaskan pengertian zakat fitrah dan zakat mal.

zakat fitrah dan zakat mal.
2 x 40
menit

8.2 Membedakan antara zakat fitrah dan zakat mal.

zakat fitrah dan zakat mal.
3 x 40
menit

8.3 Menjelaskan orang yang berhak menerima zakat fitrah dan zakat mal.

zakat fitrah dan zakat mal.
2 x 40
menit

8.4 Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal
zakat fitrah dan zakat mal.
2 x 40
menit

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
9. Memahami sejarah Nabi Muhammad Saw
9.1 Menceritakan sejarah Nabi Muhammad Saw. dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan.

sejarah Nabi Muhammad Saw
3 x 40
menit

9.2 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah.

perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat
3 x 40
menit


Jumlah                                                                                                   62x40 menit

2
(Al-Quran):
10. Menerapkan hukum bacaaan Mad dan Waqaf
10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf.

Ø  hukum bacaan Mad dan Waqaf.
5 x 40
menit

10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Quran.

Ø  contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf
3 x 40
menit

10.3 Mempraktikkan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat Al-Quran.

Ø  surat-surat Al-Quran.
2 x 40


(Aqidah):
11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah
11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.

Ø  beriman kepada Rasul Allah
2 x 40
menit

11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.

Ø  nama dan sifat-sifat Rasul Allah.
2 x 40
menit

11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.

Ø  sifat-sifat Rasulullah Saw
2 x 40
menit

(Akhlak):
12. Membiasakan perilakuterpuji
12.1 Menjelaskan adab makan dan minum.

Ø  adab makan dan minum
2 x 40
menit

12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.

Ø  contoh adab makan dan minum
2 x 40
menit

12.3 Mempraktikkan  adab makan dan minum.

Ø  praktik adab makan dan minum
2 x 40
menit

(Akhlak):
13. Menghindari perilaku tercela
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.

Ø  perilaku dendam dan munafik
2 x 40
menit

13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.

Ø  ciri-ciri pendendam dan munafik
2 x 40
menit

13.3 Menghindari  perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.

Ø  pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.
Ø   
2 x 40
menit






(Fiqih):
 14. Memahami hukum Islam  tentang hewan sebagai sumber bahan makanan
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
Ø  jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
6 x 40 menit


14.2 Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.

Ø  makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.


(Taarikh dan Kebudayaan Islam):
15. Memahami sejarah dakwah Islam
15,1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.

Ø  sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam
5 x 40
menit

15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan perannya sampai masa daulah Abbasiyah.

Ø  tokoh ilmuwan Muslim
3 x 40
menit


Jumlah
42 x 40
menit



PROGRAM TAHUNAN


Sekolah                   : SMP Negeri 1 Setia Bakti
Mata Pelajaran      : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester     : IX  ( 1 &  2 )
Tahun Pelajaran     : 2014/2015
Target Nilai Prota  : 70

SMT
STANDAR KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
Ket
1











(Al-Quran dan Al-Hadits):
1. Memahami ajaran al- Quran surat at-Tin.
1.1 Membaca QS. at-Tin dengan tartil.

Ø  QS. at-Tin
2x40
menit

1.2 Menyebutkan arti QS. at-Tin.

Ø  QS. at-Tin
2x40
menit

1.3 Menjelaskan makna QS. at-Tin.
Ø  QS. at-Tin
2x40
menit

(Al-Quran dan Al-Hadits):
2. Memahami ajaran al-Hadits tentang menuntut ilmu
2.2  Membaca al-Hadits tentang menuntut ilmu.

Ø  al-Hadits
2x40
menit

2.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang menuntut ilmu.

Ø  al-Hadits
2x40
menit

2.3 Menjelaskan makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.
Ø  makna menuntut ilmu seperti dalam al-Hadits.
2x40
menit

(Aqidah):
3. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir
3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir.

Ø  beriman kepada hari akhir
2x40
menit

3.2 Menyebutkan ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.

Ø  ayat al-Quran yang berkaitan dengan hari akhir.
Ø   
3x40
menit

3.3 Menceritakan proses kejadian kiamat sughra dan kubra seperti terkandung dalam al-Quran dan al-Hadits.

Ø  proses kejadian kiamat sughra dan kubra
2x40
menit

(Akhlak):
4. Membiasakan perilaku terpuji
4.1 Menjelaskan pengertian qana'ah dan tasamuh.

Ø  pengertian qana'ah dan tasamuh
2x40

4.2 Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh.

Ø  perilaku qana'ah dan tasamuh
2x40
menit

4.3 Membiasakan perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

Ø  perilaku qana'ah dan tasamuh
2x40
menit

(Fiqih):
5. Memahami hukum Islam tentang penyembelih-an hewan
 5.1 Menjelaskan tatacara penyembelihan hewan.

Ø  tatacara penyembelihan hewan
2x40
menit

5.2 Menjelaskan ketentuan aqiqah dan qurban.

Ø  aqiqah dan qurban
2x40
menit

5.3 Memperagakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan qurban.

Ø  hewan aqiqah dan qurban.
Ø   
2x40
menit

(Fiqih):
6. Memahami hukum Islam tentang haji dan umrah
6.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.

Ø  ibadah haji dan umrah.
5x40
menit

6.2 Memperagakan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.
Ø  ibadah haji dan umrah.
3x40
menit

(Tarikh dan Kebudayaan Islam):
 7. Memahami perkembangan Islam di Nusantara
7.1 Menceritakan sejarah masuknya Islam di Nusantara melalui perdagangan, sosial, dan pengajaran.

Ø  sejarah masuknya Islam
2x40
menit

7.2 Menceritakan beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

Ø  kerajaan Islam
5x40
menit


Jumlah
48x40 menit

2
(Al-Quran dan Al-Hadits):
8. Memahami al Qur’an surat al-Insyirah
8.1 Menampilkan bacaan QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.

QS. al-Insyirah dengan tartil dan benar.
12       
2x40
menit

8.2 Menyebutkan arti QS. al-Insyirah.

arti QS. al-Insyirah.

2x40

8.3 Mempraktikkan perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah seperti dalam QS. al-Insyirah.

perilaku dalam bekerja dan selalu berserah diri kepada Allah
2x40
menit

(Al-Quran dan Al-Hadits):
9. Memahami ajaran al-Hadits tentang kebersihan
9.1 Membaca al-Hadits tentang kebersihan.

Hadits tentang kebersihan.
2x40
menit

9.2 Menyebutkan arti al-Hadits tentang kebersihan.
13      arti al-Hadits tentang kebersihan.
2x40
menit

9.3 Menampilkan perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.

perilaku bersih seperti dalam al-Hadits.
14       
2x40
menit

(Aqidah):
10. Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar
10.1 Menyebutkan ciri-ciri beriman kepada qadha dan qadar.
15      beriman kepada qadha dan qadar.
2x40
menit

10.2 Menjelaskan hubungan antara qadha dan qadar.

qadha dan qadar.
2x40
menit

10.3 Menyebutkan contoh-contoh qadha dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.

16      contoh-contoh qadha dan qadar
2x40
menit

10.4 Menyebutkan ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.

17      ayat-ayat al-Quran yang berkaitan dengan qadha dan qadar.
2x40
menit

(Akhlak):
11. Menghindari perilaku tercela
11.1 Menyebutkan pengertian  takabur.

18      takabur
2x40
menit

11.2 Menyebutkan contoh-contoh perilaku takabur. 

19      perilaku takabur
2x40
menit

11.3 Menghindari perilaku takabur dalam kehidupan sehari-hari.

20      perilaku takabur
2x40
menit

(Fiqih):
12. Memahami tatacara berbagai shalat sunnah
12.1 Menyebutkan pengertian dan ketentuan  shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.

21      shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
2x40
menit

12.2 Menyebutkan contoh shalat sunnah berjama’ah dan munfarid.

22      shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
2x40
menit

12.3 Mempraktikkan shalat sunnah berjama’ah dan munfarid dalam kehidupan sehari-hari.

23      shalat sunnah berjama’ah dan munfarid
3x40
menit

 (Tarikh dan Kebudayaan Islam):
13. Memahami sejarah tradisi Islam Nusantara
13.1 Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.

24      seni budaya lokal
3x40
menit

13.2 Memberikan apresiasi terhadap tradisi dan upacara adat kesukuan Nusantara.

25      apresiasi terhadap tradisi
3x40
menit


Jumlah
41x40 menit






Tidak ada komentar:

Posting Komentar