RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
.............................................
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Menerapkan Hukum bacaan
”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2. Membedakan hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan
”Al”Qomariyah
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 X
40 menit ( 1 pertemuan)
|
Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat membedakan
hukum bacaan bacaan ”Al” Syamsiyah dan ”Al”Qomariyah dari segi
tulisan maupun bacaan.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Materi
Pembelajaran
- Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan
"Al" Qamariyah dari segi tulisan.
- Perbedaan lafaz yang mengandung "Al" Syamsiyah dengan
"Al" Qamariyah dari segi bacaan.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Pendahuluan
- Guru bertanya
mengenai pengertian “Al” Syamsiyah dan Qamariyah.
- Guru memilih
beberapa siswa yang mempunyai kemampuan membaca Al-Qur'an di atas
rata-rata untuk menjadi .
- Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap
kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru memaparkan contoh-contoh lafaz yang mengandung “Al” Syamsiyah dan
qamariyah, siswa diperintahkan mencari informasi tentang perbedaan dari segi
tulisan.
2). Elaborasi
·
Siswa Siswa Sugi dan Siswa mencari, menemukan, dan mengklasifikasikan
contoh-contoh “Al” Syamsiyah dan qamari-yah bersama kelompoknya masing-masing.
·
Siswa diberi tugas oleh guru tentang perbedaan bacaan antara lafadz
Syamsiyah dan Komariyah
·
Guru mendemonstrasikan cara membaca lafaz yang mengandung bacaan Alif
Lam Syamsiyah dan Alif lam Qamariyah, siswa menyimak dan menemukan
perbedaannya.
·
Siswa Sugi dan Siswa menemukan dan mengemukakan perbedaan bacaan “Al”
Syamsiyah dan Qamariyah.
3) Konfirmasi
o
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
o
Guru mengkonfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta
didik melalui berbagai sumber,
o
Guru menanyakan kepada siswa
tentang refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
o
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang
bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar
mengajar hari ini. Bermanfaat atau tidak? Menyenangkan atau tidak?
·
Guru memberi tugas agar siswa mengerjakan LKS di rumah.
Sumber
Belajar
·
Buku Ayo Belajar Agama Islam
untuk SMP
·
Mushaf Al-Qur’an
·
Multi Media PA
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
§
Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
§
Menyebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
§ Membandingkan ciri-ciri hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
|
Tes tertulis
|
Tes isian
|
§
Sebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah.
§
Sebutkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Qamariyah.
§
Bandingkan ciri-ciri hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
§
Lafaz اَلْغَفُوْرُ
mengandung bacaan “Al”
§
Lafaz اَلسَّلاَمُ
mengandung bacaan “Al”
§
Ayat غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ mengandung bacaan “Al”
§
Ayat قُلْ اَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسٍ mengandung bacaan “Al”
§
Ketika membaca “Al” Syamsiyah, bunyi
lam-nya melebur ke dalam huruf sesudahnya, sedangkan ketika membaca
“Al” Qamariyah bunyi lam-nya
|
Lembar
Instrumen Penilaian
No
|
Nama
|
Soal/Portofolio
|
Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar